Jasa Bongkar Rumah

Photo of author
Ditulis oleh webmaster

Group of Mitra Mandiri Kontraktor

Dalam KBBI, jasa adalah aktivitas, kemudahan, manfaat dan sebagainya yang dapat dijual kepada orang lain (konsumen) yang menggunakan atau menikmatinya. Sedangkan bongkar adalah kata yang berasal dari membongkar, yang berarti merusak atau merobohkan. Dan rumah adalah bangunan untuk tempat tinggal. Singkatnya, jasa bongkar rumah, seperti yang banyak orang ketahui, adalah sebuah pelayanan yang diberikan suatu perusahaan dengan menghadirkan tukang-tukang terbaik dan ahlinya, untuk membongkar sebuah rumah, entah untuk merenovasi atau memperbaikinya kembali, atau untuk menjadikannya tanah rata. Jasa bongkar rumah ini, sistemnya mirip seperti jasa bongkar gedung atau jasa bongkar bangunan, tentu saja lain-lainnya menyesuaikan, dilihat dari seberapa sulit material dan luasnya. Dalam pembongkaran rumah, terdapat dua opsi jasa yang bisa digunakan, pertama jasa profesional atau kontraktor dari perusahaan yang biasanya memiliki izin usaha dan badan hukum, dan kedua dari tukang harian. Dari kedua opsi tersebut memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing. Dalam pembahasan kali ini, jasa bongkar rumah profesionallah yang akan banyak dibahas. 

JASA BONGKAR RUMAH

Ada banyak sekali rumah-rumah tua yang tak layak huni yang kondisinya sudah mengenaskan, yang lebih baik segera dibongkar, karena riskan sekali akan bahaya-bahaya yang mengancam, khususnya jika alam sedang tidak baik-baik saja, dan memang akhir-akhir ini sedang tidak baik, karena bisa menyebabkan bencana dan lebih parah lagi korban jiwa, entah untuk penghuninya atau buruknya bagi tetangga sekitar juga. Terutama saat musim penghujan, di kala hujan yang terus mengguyur suatu daerah, akan sangat berbahaya sekali. Terutama hujan disertai dengan angin. Karena itulah, rumah yang sudah tua, lebih baik dibongkar untuk direnovasi atau dibongkar penuh, akibat material-material yang digunakan sudah tidak bagus lagi dan tidak dapat dipakai ulang lagi. 

Kebutuhan jasa bongkar rumah, biasanya dalam kondisi-kondisi di atas, yang digunakan ketika sebuah rumah, sudah benar-benar tidak layak huni, reyot dan sudah tua, yang tidak dapat diganti lagi material-materialnya, contohya genting yang sudah pecah, plafon yang hampir ambruk dan tiang-tiang yang terlihat sudah tidak dapat menahan beban rumah lebih lama lagi, yang jika dirobohkan tanpa tukang profesional, khususunya di kawasan padat penduduk, bisa mengakibatkan kerusakan fatal bagi tetangga sekitar, tapi, ada juga pembongkaran yang dilakukan hanya sebagian, misalnya membongkar atap dan plafon yang tujuannya untuk merenovasi sebagian rumah saja. 

Agar setiap orang bisa mengetahui lebih jelas dan tidak salah jalan dan salah mengambil keputusan juga, maka, di bawah ini akan dijelaskan apa saja keuntungan dan kerugian menggunakan jasa bongkar rumah:

Keuntungan-keuntungan menggunakan jasa bongkar rumah

  • Efisiensi waktu

Penggunaan jasa bongkar rumah yang profesional, di bawah perusahaan dengan kontrak, akan sangat berguna, karena dapat mengefisiensi waktu. Dengan penghematan waktu tersebut, dapat mempercepat proses-proses lainnya. Terutama, bagi sebuah keluarga yang memiliki target penyelesaian renovasi atau pembangunan ulang yang cepat, maka, pilihan paling tepat dengan menggunakan jasa bongkar rumah yang sudah berlisensi. Bayangkan saja jika sebuah rumah yang besar tidak menggunakan jasa ini, maka akan diperlukan waktu yang sangat panjang, hanya untuk proses pembongkaran saja. Misalnya, terkendala alat-alat yang kurang, dan pengarahan karena kurangnya profesinolitas. Begitupun dengan rumah minimalis bisa juga menggunakan jasa tersebut.

  • Pelayanan langsung oleh tukang-tukang yang ahli dan profesional

Seorang pengusaha jasa yang satu ini tentu saja menginginkan keuntungan dan kepercayaan dari konsumen, sehingga di masa depan konsumen tersebut mau menggunakan jasa perusahaan tersebut lagi, atau bahkan, mau merekomendasikan kepada kerabatnya, maka, mereka akan bertindak logis, dengan memberikan pelayanan terbaik, yaitu dengan menggunakan tukang yang ahli dan profesional di bidang pembongkaran bangunan. Di mana tukang-tukang ini akan memberikan kemampuan terbaiknya dalam membongkar rumah, sehingga sesuai dengan keinginan konsumen. 

  • Kontrak dengan perusahaan jasa

Menyewa langsung jasa bongkar rumah dari perusahaan yang lisensinya sudah jelas, akan sangat memberikan manfaat yang positif, karena perusahaan dan konsumen terikat sebuah kontrak. Kedua belah pihak ini, bisa mendiskusikannya secara jelas, khususnya bagi konsumen, atas keinginan-keinginan dan hasil yang ingin didapatnya dari pemilik jasa. Jika menyewa tukang harian yang tentu saja tidak memiliki lisensi dan kontrak-kontrak kerja tertulis di atas materai, maka carilah dengan sangat selektif, karena dikhawatirkan terjadi hal-hal yang tidak sesuai dengan keinginan. 

  • Meminta kompensasi apabila dirugikan

Dengan menggunakan jasa di bawah perusahaan langsung, yang sudah memiliki izin usaha, maka, konsumen dapat dengan mudah mengadukannya kepada pihak berwajib jika merasa dirugikan oleh perusahaan. Atau, jika kesepakatan awal dilanggar, misalnya konsumen ingin pembongkaran rumah selesai dalam waktu tiga hari, dan pihak pembongkar malah menyelesaikannya dalam waktu lima hari, konsumen bisa melaporkannya ke perusahaan langsung dan mengacu ke Surat Perjanjian Kontrak, untuk perusahaan jasa bongkar rumah yang sudah mendapatkan izin dan badan hukum.

  • Harga secara transparansi

Kelebihan selanjutnya dari jasa bongkar rumah adalah, mereka memberitahu langsung rincian biaya yang harus dikeluarkan klien atau konsumennya. Karena, jika tidak menggunakan perusahaan jasa, dan lebih memilih orang bayaran di luaran sana, yang seorang pekerja lepas atau borongan, seorang konsumen bisa dirugikan, karena beberapa dari orang-orang yang membongkar rumah tanpa perusahaan itu, terkadang beberapa ada yang tidak langsung mengatakan total biayanya, dan di akhir malah meminta bayaran yang tidak masuk akal, dan dengan dalih jika harga itu merupakan harga pasarannya, atau adanya kecurangan-kecurangan lain yang sangat merugikan. Tentu saja konsumen tidak mau dirugikan dan dihadapkan dalam situasi tersebut, maka harus bijak dalam memutuskan.

  • Bisa bernegosiasi untuk material yang ingin dipertahankan

Maksud dari material yang ingin dipertahankan ini adalah, jika seorang konsumen memiliki keunggulan material di suatu bagian rumah yang akan dibongkar, yang menurut perkiraan dapat digunakan lagi, maka bisa langsung mendiskusikannya langsung kepada perusahaan atau tukangnya langsung. Dan mintalah mereka untuk hati-hati dalam pembongkaran material tersebut yang akan dipertahankan. Contohnya, batu alam yang harganya tidak murah, yang bisa dibongkar tanpa merusak keseluruhannya.

  • Kualitas hasilnya

Selanjutnya, ke bagian kualitas. Perbandingan dari membongkar dengan menyewa pekerja lepas atau tukang harian, tanpa jasa bongkar rumah bisa dilihat dari hasilnya. Jika menyewa jasa bongkar rumah yang profesional, dengan kontrak dari sebuah perusahaan, tentu akan mendapatkan hasil yang bagus dan sesuai dengan kesepakatan, lain halnya dengan menyewa pekerja borongan atau pekerja lepas, maka, kualitas yang akan diberikan berbeda, karena tidak terikat kontrak secara langsung. Jika kita menginginkan kualitas yang lebih baik, tentu saja menyewa jasa kontraktor, namun, kita juga tetap bisa mempercayai jasa pemborong, namun harus benar-benar hati-hati dan pilihlah yang sudah kita kenal dengan baik orang-orangnya. 

Kekurangan-kekurangan menggunakan jasa bongkar rumah

Dalam lingkup jasa pembongkaran rumah, ada dua jasa yang bisa digunakan. Kontraktor fee and cost dan borongan. Dua-duanya memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing. Untuk kontraktor fee and cost sendiri, isinya orang-orang yang benar-benar sudah profesional di bidangnya, memiliki Rancangan Anggaran Biaya dan Surat Perjanjian Kontrak juga tentunya sudah memiliki izin, dan kekurangannya seluruh keperluan ditanggung oleh pelanggan yang menyewanya, dalam hal ini menjadi plus juga sebenarnya, karena tidak akan ada kecurang-kecurangan lain dalam daftar pembayaran, minusnya, pelanggan terkadang masih bingung untuk menemukan peralatan-peralatan atau hal-hal terkait yang diperlukan. Sedangkan untuk pemborong dari perusahaan berlisensi, sama-sama memiliki RAB atau Rancangan Anggaran Biaya dan SPK atau Surat Perjanjian Kontrak, yang mana, apabila ada pelanggaran-pelanggaran dapat diproses ke hukum, namun, tetap saja bisa terjadi kecurangan-kecurangan lainnya, karena mereka mendapat hak penuh untuk menentukan biaya-biaya yang diperlukan, dan bisa juga dimanipulasi sehingga biaya yang didapatkan tiba-tiba membengkak. Dan yang paling penting, adalah jasa dari pembongkaran rumah yang tidak murah, ini merupakan kekurangan juga bagi seorang konsumen dalam menentukannya. 

Biaya Menggunakan Jasa Bongkar Rumah

Setelah menilai keuntungan dan kerugian dalam menyewa suatu jasa bongkar rumah, konsumen tentu sekarang dihadapkan dengan pertanyaan, ‘berapa kisaran biaya’ atau ‘berapa estimasi yang harus dikeluarkan’ dalam penyewaan jasa bongkar rumah?

Berikut adalah estimasi biaya yang dapat diprediksi:

  • Lokasi ke tempat pembongkaran rumah

Tidak semua rumah berada di tempat yang mudah dijangkau, seperti pinggir jalan, atau memiliki halaman yang luas, karena ada banyak rumah yang berada di gang-gang kecil, yang jauh dari pusat kota atau bahkan pelosok. Karena itu, lokasi rumah menjadi aspek yang penting dalam penentuan biaya dari jasa bongkar rumah. Semakin sulit dijangkau, seperti di gang-gang kecil, atau jauh dari perkotaan, estimasi biaya yang akan dikeluarkan tentunya akan semakin tinggi. Ini menjadi perhitungan nomor satu yang sangat penting dari biaya.

  • Seberapa luas rumah yang akan dibongkar

Harga yang dipatok dalam sebuah pembongkaran rumah, dipengaruhi juga oleh luas, yang menggunakan satuan meter persegi (m2). Semakin luas rumah yang akan dibongkar, maka biaya yang perlu dikeluarkan semakin tinggi juga. Di daerah Jakarta sendiri, kisaran biaya pembongkaran rumah senilai Rp. 100.000 – Rp. 200.000. Harga tersebut relatif, di setiap daerah memiliki kisarannya tersendiri. Kemudian, dari luas ini, akan mempengaruhi seberapa lama proses pembongkaran tersebut. Contohnya rumah dua lantai, tentu saja lebih susah dan memakan waktu yang lebih banyak.

  • Material bangunan rumah

Material bangunan rumah menjadi pengukur harga selanjutnya dalam pembongkaran sebuah rumah. Semakin sulit dibongkar, semakin tinggi juga harganya. Ini berkaitan dengan alat-alat yang diperlukan perusahaan dalam pembongkaran tersebut, dan tenaga yang para tukang dan ahlinya harus kerjakan.

  • Material yang bisa mengurangi biaya

Material satu ini adalah material yang masih bisa digunakan dan akan dijual kepada perusahaan jasa bongkar rumah tersebut yang bersedia. Maka, hal tersebut sangat bisa mengurangi biaya yang dikeluarkan oleh konsumen. Contohnya biaya yang semula mencapai Rp. 8.000.000 menjadi Rp. 6.000.000, akibat material-material tak terpakai tadi. Atau, material-material yang dibongkat tersebut akan digunakan oleh konsumen untuk merenovasi rumah atau rumah barunya, berarti akan mengurangi biaya pembangunan atau perenovasian kembali konsumen. Atau agar lebih mendapatkan keuntungan lagi, jika material-material berharga tersebut dijual ke tempat yang memberikan penawaran jauh lebih tinggi, contohnya ke penjual material bekas. Maka, keuntungan-keuntungan yang bisa menutupi biaya pembongkaran didapatkan. 

  • Pemilihan vendor jasa

Vendor dalam KBBI adalah orang yang menjual rumah, tanah dan sebagainya, sedangkan vendor dalam pembahasan ini adalah orang yang menjual sebuah jasa dalam bentuk perusahaan atau bukan, yang jasa tersebut adalah jasa bongkar rumah. Ini adalah hal sangat penting yang harus dilakukan. Karena, semakin bagus dalam memilih vendor, semakin profesional juga sebuah vendor, maka hasil yang akan didapatkan tentu semakin bagus dan tentu tidak akan mengecewakan. Mencari vendor secara tidak langsung sudar tertera di bagian kekurangan, yang mana konsumen bisa memilih antara jasa pemborong atau kontraktor. Hal tersebut juga sudah dijelaskan bagaimana kelebihan dan kekurangannya. Selain profesional, konsumen juga harus selektif dalam mencari vendor yang jujur dan amanah, agar tidak menyantan konsumen secara diam-diam, maksudnya, agar mereka tidak berusaha menipu atau mencurangi kita. Baca juga Apa yang Harus Dipersiapkan Untuk Bongkar Rumah

  • Kompensasi tetangga

Hal ini merupakan sub dalam sebuah proses pembongkaran rumah. Apakah rumah yang dibongkar dapat mengenai tentangga sekitar atau tidak. Jika dapat mengenai, maka akan menambah biaya lagi. 

  • Biaya pembuang sisa material

Yang dinamakan pembongkaran pasti terdapat sekali material yang rusak, seperti dinding yang jadi berkeping-keping, keramik yang pecah dan banyak lagi. Tentu yang namanya konsumen tidak akan menggunakannya lagi, karena untuk apa jika sebanyak itu? Maka, sisa pembongkaran material-material itu akan dibuang ke suatu tempat. Proses pembuangan ini bisa dinegosiasikan dengan vendor, apakah harga serratus, atau dua ratus permeter kuadrat sudah mencakup pembuangan juga atau tidak.          

Kesimpulannya, pembongkaran rumah, memang dapat dilakukan melalui jasa profesional, atau tidak, bahkan bisa oleh pemilik rumahnya sendiri. Namun, keefektifitasannya lah salah satu yang menjadikan penentu. Jika menyewa sebuah jasa, sudah diterangkan di atas kelebihannya, dan kekurangannya. Dalam penggunaan jasa juga, masih ada yang harus diperhatikan, yaitu negosiasi dan komunikasi dengan pihak vendor, jangan sampai terjadi miskomunikasi yang menghambat proses pembongkaran atau hasil dari pembongkaran itu sendiri, dan selalu ceklah secara berkala dari pembongkaran yang dilakukan, meski dari jasa bongkar rumah, tapi tetap saja kehati-hatian lebih utama, agar tidak terjadi kekecewaan. 

Untuk pemilihan vendor yang tepat, yang nantinya akan mempengaruhi kualitas dari pembongkaran yang dilakukan, ada baiknya untuk meminta rekomendasi dari kerabat, yang dapat dipercayai, agar tidak begitu kosong dan kebingungan. Kemudian, bisa juga dengan menanyakan kepada mantan klien dari perusahaan jasa yang akan digunakan, apakah kontrak-kontrak tertulisnya dapat dipertanggung jawabkan atau tidak, apakah hasil yang didapatkan sesuai dengan yang dikehendaki atau tidak. Kemudian, jika sama sekali belum tahu tentang dunia pertukangan dan masih ragu dalam memutuskan, ada baiknya mencari tahu lebih lanjut, bisa melalui internet, dan jangan lupa, memilih vendor yang sesuai dengan kemampuan anggaran kita, jangan sampai tergoda dengan vendor yang menawarkan jasanya dengan harga yang mahal, padahal tidak sesuai dengan budget konsumen.                                                    

Seperti yang sering dijelaskan di bagian atas, bahwa ada banyak sekali vendor-vendor yang menyediakan pelayanan jasa bongkar rumah, dan kita harus selektif dalam memilihnya dan salah satu dari vendor tersebut adalah jakartatimes.net yang merupakan penyedia layanan jasa bongkar rumah, dengan sistem kontraktor, atau terikat kontrak di atas kertas. Jasa bongkar rumah yang satu ini ternyata bukan hanya dalam pembongkaran rumah saja, tetapi gedung dan bangunan juga. Perusahaan ini, menyediakan layanan beli bongkaran rumah, material bekas juga seperti genteng bekas, marmer, kayu tua, asebs, besi scrap dan limbah lainnya. Jakartatimes.net melayani Jasa Pembongkaran Rumah Murah di Jakarta, Tangerang Selatan, Tangerang, Depok, Bekasi, Bogor dan sekitarnya. Jika Anda berada di area terdekat tersebut bisa menghubungi nomor kontak dalam website ini.

Tinggalkan komentar